Zaki Permana's Blog

Articles, Poem, Download, and Others…

10 Negara Terkorup di Dunia dan Masyarakatnya

Oleh: Zaki Permana

Berikut ini adalah daftar negara-negara ter korup di dunia versi CPI (Corruption Perseption Index) 2010, Alhamdulillah Indonesia tidak temasuk di dalamnya. Betapa menderita masyarakat yang hidup di dalamnya. Semoga Indonesia dijauhkan dari yang seperti itu. dan ini tergantung kita, bangsa-nya.

10. Equarotal Guinea

Republik Guinea Khatulistiwa ialah satu-satunya negara di Afrika yang berbahasa Spanyol. dan meskipun Guinea ini adalah sebuah negara, namun sebagian besar wilayahnya masih diselimuti hutan belantara dan terbelakang. Terletak di Teluk Guinea, pantai barat Afrika, dengan negara tetangga, Gabon di selatan dan timur serta Kamerun di utara. Guinea Khatulistiwa termasuk negara mini di Afrika, wilayahnya masih lebih kecil dari kabupaten Kampar di Riau.

09. Burundi

Burundi adalah sebuah negara tanpa laut di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika. Negara ini berbatasan dengan Rwanda di utara, Tanzania di selatan dan timur, dan Republik Demokratik Kongo di barat. Meskipun negara ini tidak mempunyai batas laut, banyak dari perbatasan baratnya bersebelahan dengan Danau Tanganyika. Nama negara ini berasal dari bahasa Bantu, Kirundi. Negara ini sangat miskin. Dibanding Indonesia, pendapatan perkapitanya 400 kali lebih kecil daripada Indonesia

Tanpa batas laut, menghadapi tekanan penduduk dan memiliki sumber daya alam yang sedikit, Burundi merupakan salah satu negara termiskin dan mempunyai paling banyak konflik di Afrika dan di dunia. Ukurannya yang kecil menutupi masalah besar yang dihadapinya dalam mencari penyelesaian klaim supremasi dari minoritas Tutsi yang berkuasa dengan permintaan partisipasi politik dari suku mayoritas Hutu.

08. Chad

Republik Chad (Arab: تشاد , Tašād; Perancis: Tchad) adalah sebuah negara di Afrika Tengah yang terkurung daratan. Chad berbatasan dengan Libya di sebelah utara; Republik Afrika Tengah di selatan; Niger di barat; Sudan di timur; dan Nigeria serta Kamerun di barat daya. Disebabkan oleh jaraknya dan kebanyakan kawasannya yang beriklim gurun, negara berkenaan dirujuk sebagai ‘jantung mati Afrika.’ Di utara, ia meliputi Pegunungan Tibesti, pegunungan paling besar di gurun Sahara. Chad merupakan sebagian daripada bekas Persekutuan Afrika Perancis Khatulistiwa.

Sebagai negara bekas jajahan Perancis yang terbesar, Chad termasuk negara miskin. Lebih dari 75% penduduknya berada dalam keadaan melarat. Pada 2000-an, keadaan sudah relatif membaik karena pendapatan per kapitanya sudah melebihi US$1.000.

07. Sudan

Sudan, negeri ini telah kenyang dengan konflik bersaudara yang berlangsung sejak lama, BBC mencatat bahwa 1,5 juta orang telah meninggal dikarenakan perang sipil yang terjadi disana dan jumlah inipun terus bertambah. negeri ini pun selalu terancam dengan disintegrasi yang membuat perpolitikan Sudan menjadi labil.

06. Turkmenistan

Republik Turkmenistan (bahasa Turkmenistan: Türkmenistan Respublikasy), juga dikenal sebagai Turkmenia (bahasa Rusia: Туркмения). Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet, yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan. Turkmenistan terletak di Asia Tengah dan berbatasan langsung dengan Iran di selatan, Afganistan di tenggara, Uzbekistan di utara, Kazakhstan di barat laut dan Laut Kaspia di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia.

05. Uzbekistan

Republik Uzbekistan (kadang-kadang dieja Uzbekstan atau Ozbekistan), nama resminya Republik Uzbekistan (bahasa Uzbek: O‘zbekiston Respublikasi atau O‘zbekiston Jumhuriyati; Sirilik: Ўзбекистон Республикаси; bahasa Rusia: Республика Узбекистан), adalah negara di Asia Tengah, yang sebelumnya merupakan bagian dari Uni Soviet. Negara dengan wilayah yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara; Kirgizstan dan Tajikistan di timur; dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan. Bahasa resmi satu-satunya adalah bahasa Uzbek, sebuah bahasa Turkik, tetapi bahasa Rusia tetap dipergunakan secara luas, sisa peninggalan pemerintahan Soviet. Sekitar 1 juta suku Tajik, sebuah kelompok etnis yang masih serumpun dengan bangsa Persia, menghuni negara ini, dan merupakan 4,8% dari seluruh jumlah penduduknya. Kata Ozbek terbentuk dari oz (“sejati/asli”) dan bek (“pemimpin/bangsawan”), sehingga “Ozbek” berarti “bangsawan” atau “pemimpin sejati”.

04. Iraq

Dahulu Iraq pernah menjadi pusat keukasaan dunia di era peradaban islam, dan selalu penuh dengan sejarah sebagai sebuah negara dominan yang kaya raya. kini Iraq tengah terpuruk habis di lindas tentara Amerika dan perang saudara yang tak kunjung henti. dibawah pemerintahan pro Amerika inilah Iraq menjadi negara nomer 4 dari bawah dalam indeks persepsi korupsi.

03. Afghanistan

Afghanistan ialah sebuah negara yang relatif miskin, sangat bergantung pada pertanian dan peternakan. Ekonominya melemah akibat kerusuhan politik dan militer terkini, tambahan kemarau keras dengan kesulitan bangsa antara 1998-2001. Sebagian penduduk mengalami krisis pangan, sandang, papan, dan minimnya perawatan kesehatan. Kondisi ini diperburuk oleh operasi militer dan ketidakpastian politik. Inflasi menyisakan banyak masalah. Menyusul perang koalisi yang dipimpin AS yang menimbulkan jatuhnya Taliban pada November 2001 dan pembentukan Otoritas Interim Afganistan (AIA) yang diakibatkan dari Persetujuan Bonn Desember 2001, usaha Internasional untuk membangun kembali Afganistan ditujukan di Konferensi Donor Tokyo untuk Rekonstruksi Afganistan pada Januari 2002, di mana $4,5 juta dikumpulkan untuk dana perwalian yang akan diatur oleh Bank Dunia. Wilayah prioritas untuk rekonstruksi termasuk konstruksi pendidikan, kesehatan, dan fasilitas kesehatan, peningkatan kapasitas administratif, perkembangan sektor pertanian, dan pembangunan kembali jalan, energi, dan jaringan telekomunikasi.

02. Myanmar

Republik Persatuan Myanmar (juga dikenal sebagai Birma, disebut “Burma” di dunia Barat) adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Negara seluas 680 ribu km² ini telah diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988. Negara ini adalah negara berkembang dan memiliki populasi lebih dari 50 juta jiwa. Ibu kota negara ini sebelumnya terletak di Yangon sebelum dipindahkan oleh pemerintahan junta militer ke Nay pyi taw pada tanggal 7 November 2005. sebuah negara dengan daftar sejarah protes yang panjang.

01. Somalia

Walaupun terdapat sejumlah perusahaan, perekonomian Somalia dikendalikan secara dan perusahaan-perusahaan milik negara memegang peranan utama. Nasionalisasi sejumlah perusahaan asing dilakukan pada tahun 1970. Pada tahun 1970-an Somalia mengalami kesulitan ekonomi akibat kemarau panjang dan keberadaan ribuan pengungsi dari Ethiopia. Keadaan tanah yang tandus, curah hujan yang sedikit, sumber daya alam yang terbatas dan cara-cara berproduksi yang masih tradisional menyebabkan perekonomian Somalia tidak dapat berkembang dengan baik. Walaupun sejumlah kemajuan ekonomi diperoleh sejak tahun 1950, namun hingga kini Somalia tetap tidak dapat melepaskan diri dari bantuan negara-negara lain terutama Amerika Serikat dan Italia.

Kini Bencana kelaparan dahsyat melanda Somalia. Hingga saat ini tak kurang 29 ribu balita meregang nyawa akibat kelaparan. Jutaan lagi terancam jiwanya jika tak mendapat pertolongan segera.

Jika anda ingin menyalurkan donasi bisa melalui ini

 

Source:

http://www.transparency.org

wikipedia.org

actforhumanity.or.id

6 November 2011 - Posted by | Artikel, World Unic

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: