Zaki Permana's Blog

Articles, Poem, Download, and Others…

Indonesia “Juarai” Bencana

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Gunung Merapi mengeluarkan awan panas atau wedhus gembel terlihat dari Ngemplak, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (1/11/2010). Abu vulkanik letusan Gunung Merapi yang kembali terjadi pada Senin (1/11/2010) sekitar pukul 10.00 WIB mengarah ke timur.

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia adalah salah satu negara paling rawan bencana di dunia. Di Indonesia terdapat berbagai jenis bencana, seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan.

Data dari Badan PBB untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UNISDR) menyebutkan, dalam paparan terhadap penduduk atau jumlah manusia yang ada di daerah yang mungkin kehilangan nyawa karena bencana, risiko bencana Indonesia sangat tinggi.

Data yang disodorkan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Rabu (10/8/2011) di Jakarta, menunjukkan, peringkat Indonesia dari paparan per jenis bencana di dunia adalah sebagai berikut:

1. Untuk bencana tsunami, Indonesia menempati peringkat pertama dari 265 negara dengan 5.402.239 orang terkena dampaknya.

2. Untuk bencana tanah longsor, Indonesia berada pada peringkat pertama dari 162 negara dengan 197.372 orang terkena dampaknya.

3. Untuk bencana gempa bumi, Indonesia berada pada posisi ke-3 dari 153 negara dengan 11.056.806 orang terkena dampaknya.

4. Untuk bencana banjir, Indonesia menduduki peringkat ke-6 dari 162 negara dengan 1.101.507 orang terkena dampaknya.

 

Kompas.com

19 November 2011 - Posted by | Artikel, World Unic

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: